05
Sep
08

Rutan Klas IIb Sawahlunto masih Lapang

-Belum Pernah Lebihi Kapasitas
SAWAHLUNTO, METRO
Kapasitas Rumah Tahanan Klas IIb Sawahlunto yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta dan tepatnya di depan Polsekta Sawahlunto hanya 69 orang. Namun, sejak didirikan Belanda puluhan tahun silam hingga kini, kapasitas tersebut tidak pernah terlewati. Hal ini disinyalir karena sedikitnya kejahatan yang terungkap. Atau menunggu tahanan korupsi yang saat ini sedang menjalani persidangan di PN Sawahlunto?

Kepala Rutan Klas IIb Sawahlunto, Sjachrial BcIP yang ditemui POSMETRO di kantornya usai upacara pemberian remisi umum kepada narapidana yang menginap di Rutan membenarkan hal itu, Minggu (17/8). Katanya, jumlah napi dan tahanan berkisar maksimum 50 orang hingga 60 orang.

"Sedangkan sekarang hanya 35 orang penghuni. Dari jumlah tersebut terdapat narapidana dan tahanan titipan kejaksaan dan polisi. Sementara, 30% dari jumlah tersebut sekitar 11 orang adalah tahanan narkoba. Selain itu juga ada tahanan lain seperti Peti, pencurian, cabul, korupsi," papar Sjachrial.

Soal sedikitnya penghuni, dikatakan Sjachrial, selain disinyalir karena sedikitnya kejahatan yang terungkap juga karena masih tingginya pengaruh norma-norma di masyarakat yang masih kental adanya. Sementara kejahatan yang terjadi, ketika ditanya kepada pelaku saat dilakukan pembina disebabkan karena himpitan ekonomi dan pendidikan mereka yang kurang untuk mencari pekerjaan dan nafkah hidup.

"Sehingga para penghuni ketika diberikan pembinaan selalu serius dan menyesali perbuatannya. Karena itu pulalah mereka banyak yang mendapatkan remisi yaitu 10 orang. Remisi tersebut sesuai dengan Kepmen Hukum dan HAM, Nomor W3-34-PK.01.01.02 Tahun 2008 tentang pemberian remisi umum untuk tahun 2008 yang disampaikan Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM RI Sumbar, Drs Arman Nazar MSi," terang Sjachrial. (nph)


0 Responses to “Rutan Klas IIb Sawahlunto masih Lapang”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: