05
Sep
08

Diremisi 10 Orang, 2 Orang Napi Bebas Langsung

SAWAHLUNTO, METRO
Sebagaimana narapidana lain di Indonesia yang mendapat remisi seiring dengan datangnya HUT RI ke-63, narapidana yang menginap di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIb Sawahlunto juga kebagian remisi. Setidaknya, 10 orang dari 35 penghuni Rutan tersebut direncanakan mendapat remisi, 2 orang dari mereka langsung bebas. Sementara remisi yang diberikan berkisar 1 bulan hingga 2 bulan. Setidaknya ini merupakan ini kabar baik bagi keluarga narapidana dan khususnya narapidana itu sendiri.

Kepala Rutan Klas IIb Sawahlunto, Sjachrial BcIP yang ditemui POSMETRO di kantornya mengatakan, memang direncanakan ada 10 orang narapidana yang akan diberikan remisi di Rutan Klas IIb Sawahlunto. Hal itu berdasarkan kebijakan dari Dephum dan HAM.

Dikatakan Sjachrial, yang direncanakan mendapat remisi tersebut ada 10 orang narapidana yang telah menjalani hukumannya lebih dari enam bulan. Sehingga dari mereka ada yang langsung bebas yaitu sebanyak 2 orang.

Dijelaskan Sjachrial, dua orang yang langsung bebas tersebut adalah Feri Yuliadi dan Pastaja Eka Saputra. Feri Yuliadi ditahan dalam kasus pencurian sesuai pasal 362 KUHP yang divonis 1 tahun pada tanggal  27 Desember 2007. Sedangkan expirasinya (waktu bebasnya) tanggal 15 September 2008. Kepadanya diberikan remisi selama 1 bulan. Sementara, Pastaja Eka Saputra juga Divonis dalam kasus pencurian selama 7 bulan pada tanggal 18 Maret 2008. Sedangkan expirasinya tanggal 24  Agustus 2008 dan ia mendapat remisi 1 bulan. Sehingga mereka dibebaskan tepat pada HUT RI ke-63.

"Sedangkan yang lainnya yang mendapat remisi diantaranya adalah David mudiani mendapat 2 bulan, Bendri Anif juga kebagian 2 bulan, Mulyadi A mendapat 2 bulan dan Mulyadi B juga 2 bulan. Kemudian, Joni Hendra kebagian 1 bulan, Yori Syarif mendapat 1 bulan, Arifnul kebagian 1 bulan dan Alisman juga 1 bulan," papar Sjachrial.

Ditambahkan Sjachrial, hingga saat ini penghuni Rutan Klas IIb orang sebanyak 35 orang. Mereka diantaranya narapidana 20 orang dan tahanan 15 orang. Semua mereka juga telah diberikan keterampilan disamping pembinaan.

"Untuk itu, kami berharap mereka tidak bisa diterima di masyarakat nantinya. Sedangkan yang sudah bebas jangan harap akan kemabli dengan artikata jangan melakukan kejahatan lagi. Terapkanlah sikap baik selama ini di masyarakat, sehingga bisa diterima kembali di masyarakat. Pembinaan yang selama ini diberikan hendaknya gunakan dalam hidup selanjutnya," harap Sjachrial.

Disebutkan Sjachrial, pelatihan yang diberikan seperi membuat souvenir dari batubara yang telah bisa diharapkan bisa terus dilanjutkan. Karena hal ini masih langka dan menarik bagi masyarakat.5 orang yang bisa. (nph)


0 Responses to “Diremisi 10 Orang, 2 Orang Napi Bebas Langsung”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: