05
Sep
08

Caleg sudah Boleh Kampanye

SAWAHLUNTO, METRO
Walau tanpa pengawasan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), seluruh calon legislatif (caleg) sudah diperbolehkan berkampanye. Para caleg yang akan berkampanye di Kota Sawahlunto sebagaimana yang di daftarkan masing-masing partai yang ada di Sawahlunto sebanyak 274  caleg. Namun, kampanye yang diperbolehkan selain rapat umum.

Ketua KPUD Sawahlunto, Heni Purwaningsih SP MP kepada POSMETRO membenarkan bahwa caleg di Kota Sawahlunto sudah diperbolehkan untuk melakukan kampanye. Namun, kampanye yang diperbolehkan selain kampanye rapat umum. Karena kampanye raat umum dilakukan nanti dalam waktu 21 hari menjelang masa tenang saat akan pencoblosan.

"Kampaye yang diperbolehkan tersebut seperti rapat tertutup di gedung-gedung pertemuan, pemasangan alat peraga dan pemasangan atribut tanda gambar, kampanye di media massa dan lainnya.. Namun, dihimbau kepada para caleg untuk melaksanakannya sesuai ketentuan yang ada yaitu UU Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilu. Kemudian, untuk izin kampanye harus dimiliki masing-masing caleg. Sehingga kampanyenya bisa dipertanggung jawabkan dan tidak merugikan masyarakat," terang Heni.

Dikatakan Heni, karena Panwaslu belum terbentuk, maka yang menjadi pengawas adalah masing-masing caleg. Kumpulkan kesalahan yang ditemui dan nanti apabila Panwaslu sudah terbentuk baru dilaporkan. Kepada masyarakat juga diharapkan untuk mengawasi pelaksanaan kampanye para caleg. Dalam kampanye, ditekankan kepada para caleg untuk tidak menggunakan cara yang licik dan kampanye hitam. Sehingga seluruh tahapan pemilu ini berjalan baik dan sukses.

Dipaparkan Heni, jumlah caleg yang akan berkampanye di Sawahlunto sebanyak 274  caleg. Untuk daerah pemilihan I Talawi sebanyak 80 orang yang terdiri dari 51 pria dan 29 perempuan. Sementara, di daerah pemilihan II Lembah Segar dan Silungkang sebanyak 110 orang yang terdiri dari 72 pria dan 38 perempuan. Sedangkan di daerah pemilihan III Barangin sebanyak 84 dengan 54 pria dan 30 perempuan.

Terkait kampanye itu juga, Kapolresta Sawahlunto melalui Kasat Intel Polresta Sawahlunto, AKP Supriadi kepada POSMETRO mengatakan, seluruh calon anggota DPRD Sawahlunto pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2009 nanti, diwajibkan mengantongi Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari kepolisian. Sehingga kampanye mereka tidak dibubarkan secara tidak hormat dan mereka bisa mempertanggung jawabkan kampanye tersebut.

"Hal ini sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 06 Tahun 2008 tentang STTP. Selain itu, STTP ini didasari oleh UU Nomor 23 Tahun 2003, UU Nomor 02 Tahun 2002, UU Nomor 22 Tahun 2007, UU Nomor 02 Tahun 2008, UU Nomor 10 Tahun 2008, UU Nomor 12 Tahun 2008 dan Kepres Nomor 70 Tahun 2002," ungkap Suriadi. (nph)


0 Responses to “Caleg sudah Boleh Kampanye”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: