19
Mei
08

AMER Unggul, FAHAM dan ZARED Lengser

-Hasil Quick Count Pemungutan Suara Pilkada Sawahlunto Tanggal 18 Mei 2008
AMER Unggul, FAHAM dan ZARED Lengser

SAWAHLUNTO, METRO

Dari awal, pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto, Ir H Amran Nur-Erizal Ridwan ST (AMER), unggul dari dua pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto lainnya yaitu Fauzi Hasan-Drs Masdi (FAHAM) dan H Zaris Yan SH MKn-Edrizon Effendi SE (ZARED). Hal ini terlihat pada penghitungan cepat (quick cont) yang dilakukan KPUD Sawahlunto dengan bekerjasama dengan perusahaan Information Teknologi (IT), PT Tras.

Penghitungan cepat yang dilakukan di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Sawahlunto itu terlihat dihadiri jajara Muspida Kota Sawahlunto seperti Sekda, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri dan lainnya.

Pada tahap awal penghitungan cepat tersebut sekitar pukul 15.00 WIB, dari 7.439 suara yang masuk dari TPS di empat kecamatan, 3.752 suara diperoleh oleh AMER dan 2.952 suara diraup pasangan FAHAM serta 751 suara lagi dikantongi pasangan ZARED. Disini terlihat ratusan masyarakat sudah mulai berdatangan ke tempat penghitungan cepat yang dilakukan di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Sawahlunto.

Tiga puluh menit kemudian, pukul 15.30 WIB, dari 9.955 suara yang masuk dari TPS di empat kecamatan, 5.015 suara diperoleh oleh AMER dan 3.933 suara diraup pasangan FAHAM serta 1007 suara lagi dikantongi pasangan ZARED. Saat ini terlihat ruangan GPK tersebut layaknya bursa efek. Ratsan warga yang hadir tampak lalu lalang memegang handphone, ada yang menjwab telpon dan ada yang menelpon. Sementara itu, belasan pasukan elit polisi bersenjata lengkap tampak mengawal di luar ruangan dan di dalam ruangan.

Tiga puluh menit selanjutnya, pukul 16.00 WIB, dari 16.707 suara yang masuk dari TPS di empat kecamatan, 8.734 suara berhasil diperoleh AMER dan 6.417 suara diraup pasangan FAHAM serta 1.556 suara lagi dikantongi pasangan ZARED. Pada saat ini beberapa kelompok terlihat menampakkan kegembiraan dan beberapa kelompok hanya bermuram durja.

Berselang tiga puluh menit sesudah itu, suara yang masuk semakin banyak yaitu 24.291 suara. Dari suara tersebut, 12.883 suara berhasil diperoleh AMER dan 9.131 suara diraup pasangan FAHAM serta 2.277 suara lagi dikantongi pasangan ZARED. Pada saat ini, ruangan semakin sesak, ratsan pasangan mata terus tertuju ke papan layar penampilan jumlah perolehan suara.

Disaat ini detak jantung hadirin seperti sedang berdetak kencang. Selain jumlah suara semakin bertambah, perolehan suara masing-masing calon juga semakin berubah. Sekitar pukul 17.00 WIB, dari total suara yang masuk sudah 26.120 suara, 13.999 suara berhasil diperoleh AMER dan 10.250 suara digondol pasangan FAHAM serta 2.436 suara lagi diraih pasangan ZARED.

Setengah jam sebelum selesai sekitar pul 17.30 WIB, dari 28.432 suara yang masuk dari TPS di empat kecamatan, 14.312 suara berhasil diperoleh AMER dan 11.548 suara diraup pasangan FAHAM serta 2.592 suara lagi dikantongi pasangan ZARED.

Sekitar pukul 18.00 WIB, penghitungan cepat berakhir. AMER masih unggul dari dua pasangan lainnya. Dari 29.846 suara yang masuk dari 101 TPS di empat kecamatan, 14.945 suara berhasil diperoleh AMER dan 11.989 suara diraup pasangan FAHAM serta 3003 suara lagi dikantongi pasangan ZARED. Pada saat itu, ratusan warga yang hadir ada yang bertepuk tangan, ada yang mencatat, mengabadikan hasil qiuck count itu dengan kamera handphone dan ada juga yang beranjak keluar ruangan.

Ketua KPUD Sawahlunto, Syahril Stand didampingi anggotanya, Heni P pada saat itu menegaskan bahwa penghitungan suara secara cepat yang dilakukan badan independen atau konsultan IT yaitu Information Teknologi (IT) dari PT Tras ini bukanlah hasil keputusan KPUD Sawahlunto. Karena KPUD Sawahlunto yang dalam hal ini PPS dan PPK akan mulai melakukan penghitungan sejak tanggal 20 Mei hingga tanggal 23 Mei 2008 mendatang.

“Sedangkan penghitungan yang akan dilakukan di KPUD Sawahlunto akan dimulai pada tanggal 24 Mei hingga tanggal 26 Mei 2008 nanti,” ungkap Syahril.

Sementara itu, Team Leader PT Tras, Fauzan MSi kepada POSMETRO membenarkan hal yang disampaikan Syahril Stand. Karena hal ini hanya sifatnya menjawab kepenasaran warga. Sementara sistem yang dilakukan dalam quick count ini, datanya diambil dari masing-masing KPPS dengan kode akses tertentu. Suara yang disampaikan merupakan suara yang telah ditanda tangani oleh saksi dan semua unsur di TPS. Jadi, tidak akan ada intervensi dari pihak lain dalam mengirim jumlah suara. (nph)


0 Responses to “AMER Unggul, FAHAM dan ZARED Lengser”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: